Senin, 28 Juli 2008

DASAR-DASAR AFFILIATE

Sebelum kita membahas affiliate, alangkah baiknya sekilas kita bahas dulu internet marketing.

Internet Marketing?
Internet Marketing yang di Indonesia dikenal dengan nama bisnis online adalah setiap aktivitas marketing atau pemasaran menggunakan internet sebagai media, dalam bahasa sederhananya sarana untuk memasarkan jasa/produk lewat internet.
Pertumbuhan dan perkembangan internet yang sangat pesat telah melahirkan banyak dunia baru termasuk bidang marketing.


Kenapa harus lewat Internet, emang apa saja kelebihannya???

  1. Yang pasti dan paling utama biaya/ongkos lebih murah;
  2. Hemat tenaga, hemat waktu/fleksibel. Anda bisa melakukan usaha dengan waktu yang suka-suka, hemat waktunya jika kita telah membuat suatu sistem secara otomatis sistem itu akan berjalan terus;
  3. Mekanisme kerja yang sangat fleksibel, anda bisa kerja kapan saja dan dimana saja, asal ada komputer/laptop dan koneksi internet.
Penghasilan apa saja yang bisa di gdapat lewat Internet Marketing???
  1. Product Creation atau menjual produk sendiri;
  2. Affiliate Marketing atau menjual produk orang lain;
  3. Ads Marketing atau menyediakan website untuk menampilkan iklan orang lain.
Menjual produk sendiri (Product Creation) artinya kita mempunyai produk sendiri yang bisa kita jual. Penghasilannya kalau barang itu terjual kita akan mendapat penghasilan.
Affiliate Marketing membayar jasa seseorang jika mereka berhasil menjual.
Ads Marketing kita dibayar karena kita mempunyai sebuah website dan orang akan memasang iklan mereka di website kita.

Internet Marketing menggabungkan aspek teknis dan kreativitas, termasuk design dan pengembangan, periklanan serta penjualan. Metode Internet marketing seperti pemasaran search engine, pemasangan iklan, email marketing, affiliate marketing, iklan interaktif, blog marketing, dan viral marketing serta banyak llagi yang lainnya.

Sekarang kita lanjutkan pada hal yang lebih spesifik.
Mungkin dari rekan-rekan sudah tahu Affiliate Marketing, tapi untuk yang belum tahu apa itu Affiliate Marketing, maka kita akan bahas secara sederhana.

Affiliate Marketing adalah sebuah cara menghasilkan uang dari internet. Bisnis ini pada dasarnya merupakan model bisnis yang sangat lama, yakni membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjual.
Dalam affiliate marketing, kita akan dibayar apabila kita dapat menjual produk/jasa seorang Merchant atau Affiliate Merchant. Merchant atau Affiliate Merchant merupakan seseorang atau suatu badan perusahaan yang emmiliki suatu produk/jasa yang mereka pasarkan di Internet.
Sementara orang-orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual bisa membantu affiliate merchant etrsebut dalam menjual kan produknya. Untuk setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi.

Orang-orang yang menghasilkan uang dengan cara tersebut di atas disebut " affiliate marketers" atau affiliate. Kadang-kadang mereka juga disebut "associates" atau "program partners". Kalau kita mendaftarkan diri pada " affiliate program" milik affiliate merchant, artinya kita mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota jajaran sales online mereka.

Bagaimana Cara Affiliate Marketing Bekerja???

Dalam bisnis online, semua affiliate marketers melakukan penjualan melalui "link khusus" atau dikenal dengan istilah "affiliate link". Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa). Cara kerja affiliate link adalah sebagai berikut:
Misalnya kita menemukan sebuah produk online yang ingin kita jual, lalu kita melihat website etrsebut menawarkan program affiliate. Setelah kita pelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi 40% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan.
Kita kemudian mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi nama, alamat lengkap, nama penerima "cek" (untuk komisi), email, nomor telepon, dan lain-lain. Kita juga akan diminta untuk membaca "affiliate agreement". Affiliate agreement adalah sebuah dokument legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant. Isinya biasanya menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh megirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut). Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka.

Setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah "affiliate link" untuk kita. Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut. Misalnya saja dengan cara menempatkan link itu di web site kita atau di email signature, dengan harapan ada orang yang akan "mengklik" dan membeli produk/jasa yang kita pasarkan tersebut.
Pada saat orang yang mengklik affiliate link kita dan melakukan pembelian, kita akan diberi komisi untuk penjualan tersebut. Tapi ingat, orang ini harus benar-benar melakukan pembelian.

Inilah tantangan sebenarnya dalam dunia affiliate marketing. Affiliate Merchant melakukan tugasnya menjual dan mengirimkan produk/jasanya pada orang yang membelinya lewat link kita. Sedangkan kita menolong mereka dengan mempromosikan affiliate link yang mereka berikan. Setiap affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan "affiliate ID" kita, yang berfungsi mengidentifikasi kita sebagai satu-satunya orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan yang dihasilkan melalui affiliate link tadi!
(bahan sebagian diambil dari "Panduan Belajar Affiliate Marketing Bagi Pemula" www.asianbrain.com)